Friday, 3 April 2015

Pola Bahasa Hipnotis

Pola Bahasa Hipnotis

 Pola bahasa hipnotis | Hipnotis | Bahasa hipnotis | Hypnotic language pattern

Pola Bahasa Hipnotis atau istilah asingnya hypnotic language pattern adalah suatu pola bahasa yang memang di pakai untuk seni komunikasi yang bisa menembus gerbang bawah sadar atau critical factor sehingga sugesti atau saran yang anda berikan masuk ke pikiran bawah sadar klien anda dengan mudah. 
Pola bahasa hipnotis ini bersumber dari maestro hipnotis legendaris MILTON H ERICKSON yang dikenal dengan istilah di dalam materi NLP ( neuro language progamming ) adalah milton model.
Dalam pola bahasa hipnotis ini semestinya digunakan secara alami tanpa terkesan baku seolah teratur dalam melakukannya. Banyak dari para praktisi NLP sendiri menggunakan pola bahasa hipnotis ini kurang terkesan alami sehingga terkadang kurang nyaman di dengar dan bisa jadi malah terdeteksi oleh conscious mind loh....

Tujuan menggunakan pola bahasa hipnotis inikan bertujuan agar sugesti tidak terdeteksi pikiran sadar ( conscious mind ), jika kita menggunakannya kurang alami dan sewajarnya akan membuat sugesti atau saran kita tidak berhasil melewati gerbang bawah sadar / critical factor nantinya.
Pada tulisan kami kali ini master dyan akan menjelaskan prinsip dasar yang perlu anda ketahui sehingga akan memudahkan anda untuk menguasai pola bahasa hipnotis ini.

Ada beberapa hal yang perlu di perhatikan dalam menggunakan pola bahasa hipnotis agar membuat lebih efektif salah satunya adalah Going First. Dengan menggunakan going first akan lebih memberikan nilai rasa pada kalimat yang akan kita ucapkan dan beberapa orang merasa dengan going first sepertinya kata-kata yang diucapkan terkesan keluar dengan lancar, otomatis dan mengalir apa adanya. Karena apa, sebelum mengucapkannya kita terlebih dahulu menghadirkan makna dan rasa dari kalimat itu sendiri , seolah-olah kata-kata tersebut bersumber dari hati nurani kita sendiri dan bukan karena pikiran sadar kita semata. Jika anda perhatikan dengan seksama bagi anda yang pernah tahu komunikasi Milton H Erickson dan Richard Blander kerap kali menarik nafas sebelum mengatakan sebuah kalimat dan terkadang tarikan nafas tersebut bisa terdengar. Namun mungkin begitulah cara mereka melakukan going first.

 Hipnotis | Hypnosis | Pola bahasa hipnotis | Master hipnotis

Kemudian hal lain yang tidak kalah pentingnya adalah flow of ideas, yang dimaksud adalah kalimat yang di ucapkan terkesan seperti mengalir. Tidak terputus namun sambung menyambung walau tidak menyambung dalam bahasanya sebenarnya atau antara satu ide dengan ide yang lain. Namun bukan berarti anda berbicara tanpa jeda loh...
Hal yang diinginkan sebenarnya adalah terdapat unsur asosiasi antara satu kalimat dengan kalimat yang lain. Cara sederhananya dengan menggunakan kata sambung (conjunction). Sehingga sebenarnya semua kata sambung bisa anda gunakan untuk membuat pola bahasa hipnotis, meskipun setiap kata sambung mempunyai efek yang berbeda. 

Namun ada juga yang biasanya memberikan istilah "language bridge" dan beberapa kata yang sering digunakan dan sebaiknya dilatih untuk menggunakannya, yaitu "sementara, sambil, dan, karena, berarti. Kalimat atau kata-kata yang digabungkan tidak harus berhubungan. Tapi dalam hal ini conscious mind atau pikiran sadar kita merasa berhubungan meskipun secara rasional tidak berhubungan. Misalnya: "sambil mendengarkan saya menjelaskan sementara anda bisa merasakan nyaman duduk di sini". Apa hubungannya saya menjelaskan dengan nyaman duduk dikursi ??

 Pola bahasa hipnotis | Hypnotic language pattern | Hipnotis jakarta

Selain itu juga anda harus mempunyai sikap yang permisif dan memnghindari sikap yang terkesan memaksa sehingga dari sikap ini munculah kata seperti; "anda bisa... anda boleh... anda mungkin" yang jauh lebih persuasif dibanding dengan kata: "anda harus... anda wajib" . 
Dari sikap tersebut akan memunculkan efek bahasa hipnotis yang lain seperti "illusion of possibilities" atau terkadang di sebut "binding-simple atau double bind"
Kita sebaiknya memberikan banyak pilihan dibanding mengarahkan kesatu pilihan, contoh yang paling klasik adalah "anda mau bayar tunai atau menggunakan kredit card". Selain itu dengan sikap tersebut maka mendorong kita untuk memilih kata yang lebih eufemisme atau lebih kerennya dikenal dengan istilah "softener language" seperti kata mungkin atau mulai misalnya dalam kalimat "anda mungkin telah  memahami  beberapa prinsip pola bahasa hipnotis dan mulai mendorong anda untuk menggunakannya".

Selamat belajar dan silahkan berlatih... semoga Bermanfaat untuk anda sahabat Extreme Hipnotis Indonesia !!



0 KOMENTAR: