Tuesday, 7 October 2008

Hipnotis Untuk Kesehatan

 Hipnotis | Hypnosis | Hipnotis surabaya | Master hipnotis

  Hipnotis Untuk Kesehatan


Masih ngeri mendengar kata “hipnotis”? Apa masih menyimpan pengertian kalo hipnotis itu selalu berkaitan dengan hal-hal gaib dan mistik? Gimana kalo hipnotis sebagai terapi kesehatan bagi pasien gangguan jiwa? Selain itu, hipnotis berguna bagi kepolisian, penyakit asma dan darah tinggi, korban traumatik & pecandu rokok. Berikut ini penjelasan Dr Hendro Riyanto, ahli jiwa Rumah sakit Menur Surabaya.

Beda Hipnotis dengan Hipnoteraphy
Kalo jaman dulu, hipnotis identik dengan sulap panggung yang melambai-lambaikan tangan, menggunakan alat bandul, dan menatap mata dengan tajam. Itu dulu! Karna hipnotis itu lekat dengan berbagai kebudayaan kuno di masa silam. Namun sekarang, seiring perkembangan jaman, hipnotis mulai berubah.

Pada abad ke 17, hipnotis mulai dipakai sebagai ilmu pengetahuan. Seperti ilmu pengetahuan yang lain, hipnotis mengawali keilmuannya dengan berbagai hipotesa. Berbagai eksperimen & penelitian membuat hipnotis menjadi sebuah hipnotis modern yang berbasis pada ilmu pengetahuan. Salah satunya adalah hipnoterapi.

Apa itu ilmu hipnoteraphy yang katanya bisa sebagai terapi untuk korban gangguan jiwa? Ini ada dasar ilmiahnya loh. Sejak tahun 1815, Abbe Jose Castodi de Faria, udah melakukan penelitian hipnotis secara ilmiah. Tahun 1955, British Medical Association (sekarang disebut BHA atau British Hypnotherapy Association) mengesahkan hypnotherapy sebagai “valid medical treatment”. Tahun 1958, American Medical Association (AMA) men-support hypnotherapy untuk keperluan medis. Setelah tahun 1950, banyak berdiri asosiasi hypnotherapy profesional di berbagai negara.

Ternyata nih, ilmu hipnotis ini udah sejak lama dipakai dalam dunia kesehatan. Namanya hipnoterapi. Ini adalah ilmu penyembuhan gangguan jiwa, dengan cara membawa penderita ke suatu keadaan trans, sehingga mereka mengeluarkan isi hatinya. Dengan metode ini, bisa membantu orang-orang yang dulunya sangat tertutup menjadi terbuka. Hipnotis bisa digunakan sebagai hipnoteraphy untuk orang yang rendah diri, traumatik, phobia, kecanduan, dan juga menangani berbagai penyakit seperti asma, alergi, darah tinggi, dsb. Selain itu, bisa digunakan sebagai anodyne awareness ato manajemen rasa sakit.
Juga sebagai stagehypnosis yang biasanya kita liat di TV, yaitu hipnotis sebagai hiburan dunia entertaintment. Bahkan, hipnotis juga difungsikan sebagai forensic hypnosis, yaitu untuk keperluan penyelidikan. Biasanya dilakukan oleh para penegak hukum. Ada juga fungsi hipnosis sebagai metaphysical hypnosis, yaitu kemampuan telepati Super normal yang tersimpan dalam diri setiap manusia.
                                            
                                           


 Hipnotis | Hypnosis | Hipnotis surabaya | Hipnotis jakarta




Hypnotherapy untuk Traumatik dan Pecandu

Menurut Dr Hendro Riyanto, Direktur Rumah sakit Jiwa Menur Surabaya, hipnoterapi biasanya digunakan dalam dunia kesehatan untuk terapi pada si gangguan Jiwa. Dalam dunia medis, ada 2 jenis gangguan jiwa. Yang pertama, Psikosa yaitu suatu gangguan jiwa yang nggak sadar tentang dirinya alias gila. Yang kedua Neurosa, yaitu gangguan jiwa yang masih dalam taraf sadar diri. Seperti stres, depresi & traumatik.

Nah, hipnoterapi ini digunakan untuk penderita Neurosa. Kebanyakan, hipnoterapi digunakan untuk si penderita traumatik psikis. Misal, penderita yang trauma karna bencana alam. Ada juga yang stres, kesurupan, para pecandu rokok & obat terlarang, dll. Tapi masalahnya, nggak semua dokter ahli jiwa mau mempelajari dan menggunakan metode tersebut. Cara kerja hipnoterapi prinsip kerjanya adalah, seorang pasien tersebut dibuat kesadarannya menurun. Sampai dia tertidur. Saat tertidur, diberi masukan lewat kata-kata, hal-hal yang positif, untuk menghilangkan hal-hal yang negatif, seperti trauma tadi.

Misal, untuk si pasien perokok berat. Dalam hipnoterapi itu, dokter akan mengatakan bahwa merokok itu nggak baik, banyak bahayanya, dll. Ketika disadarkan, dia akan merasa bahwa merokok itu nggak enak, dan dia akan merasa nggak nyaman untuk merokok lagi. Kalo untuk si penderita traumatik, akan diberikan masukan-masukan positif yang bisa menghilangkan trauma tersebut, sehingga ketika sadar, si penderita akan lupa pada trauma itu.

Kenapa bisa seperti itu? Dr Hendro mengatakan, hipnoterapi itu mempengaruhi alam bawah sadar seseorang. Yang dimaksud alam bawah sadar adalah, gelombang alfa & betha otak manusia. Jadi, ketika gelombang alfa & betha pada otak itu bisa dipengaruhi, itulah yang disebut sebagai alam bawah sadar. Tapi, urusan apakah itu mempengaruhi seseorang ato tidak, itu akan terlihat hasilnya setelah terapi.

Alam bawah sadar adalah pikiran yang berisikan data berupa pengalaman, pemahaman, penalaran kita mulai sejak lahir sampai dengan hari ini. Data yang terdapat dalam pikiran bawah sadar berasal dari pengalaman langsung (yang kita alami sendiri), atau berasal dari pengalaman induktif (berasal dari pihak lain). Namun, data yang ada di pikiran bawah sadar ini dapat berupa data yang benar atau salah. Pikiran bawah sadar nggak bisa membedakannya. Itu yang sulit dipahami.Pikiran bawah sadar juga memiliki pengaruh besar dalam pembentukan perilaku, dan menentukan respon. Namun menurut Dr Hendro Riyanto, metode hipnoterapi diharapkan sangat mempengaruhi. Makanya, hipnoterapi yang emang dikhususkan untuk terapi bagi si pasien yang ngalamin gangguan jiwa seperti traumatik, dsb ini, nggak hanya bisa dilakukan terapi 1 kali aja. Tapi perlu beberapa kali pengulangan, tergantung berat ringan kasus yang dihadapi. Jadi, hipnoterapi ini dilakukan untuk mempengaruhi/ mengubah sikap seseorang yang nggak bisa disadarkan lewat alam sadarnya. So, dilakukanlah tindakan melalui alam bawah sadarnya.

Bahaya Metode Hipnoterapi
Dr Hendro Riyanto yang pernah mempelajari hipnoterapi ini menyarankan agar, metode hipnoterapi ato pelatihan-pelatihan hipnotis yang kini marak diadakan di Indonesia ini, harus dikontrol dengan ketat. Karna, jika metode ini dikuasai oleh orang-orang yang nggak bertanggung jawab, waaah, metode ini bisa disalahgunakan loh. Misal, akhirnya terjadilah ilmu gendam, yang bisa merampok orang lewat alam bawah sadarnya.

Nah guys, itu tadi udah diterangin manfaat hipnotis untuk kesehatan. Lha…yang bikin hipnotis itu jadi negatif, coz ada beberapa orang yang menyalahgunakannya untuk tujuan kejahatan. Dari perampokan, penipuan sampai pada kejahatan seksual.

0 KOMENTAR: