Thursday, 18 October 2007

Hipnotis Untuk Kejahatan



HIPNOTIS UNTUK KEJAHATAN

Tinggal ditepuk pundaknya, langsung menyerahkan perhiasan, Hp dan kunci motor beserta STNK-nya. Bahkan ada yang mau diajak berhubungan intim. Hanya sekedar diajak berbicara dan tertarik, seseorang rela menyerahkan hartanya ama orang yang nggak dikenal. Gara-gara minum teh kotak bisa terhipnotis dan dibius? Ah masa' sih? Apa yang menyebabkan kejahatan hipnotis ini bisa terjadi pada kita? Simak penjelasan ini....

Berbagai Macam Kejahatan Hipnotis
Sebut saja Bunga. Seorang karyawati salah satu perusahaan ini rela menyerahkan dompet, perhiasan, HP dan kunci beserta STNK motornya ama 3 orang yang baru dikenalnya beberapa saat di salah satu pusat perbelanjaan di Jakarta. Awalnya, ada 3 pria yang mendekati Bunga untuk mengajak berkenalan. Saat mereka terlibat komunikasi yang aktif, salah seorang dari 3 pria tersebut menepuk pundak Bunga.

Entah kenapa tiba-tiba Bunga menjadi penurut dan mau memberikan apa yang mereka minta. Tapi untungnya, Bunga segera sadarkan diri. Lalu ia teringat akan barang-barangnya tersebut dan langsung berteriak. Untungnya lagi, pusat perbelanjaan tersebut sangat padat, jadi ketiga penipu tersebut bisa dikejar dan dihakimi massa.

Lain lagi yang dialami oleh seorang ibu yang bekerja sebagai PNS di Pekanbaru ini. Awalnya, dia didatangi 4 orang pria yang mengaku berkebangsaan Malaysia. Keempat pria ini awalnya mengaku ingin menyumbang sejumlah uang ke suatu masjid. Karna melihat kebaikan keempat pria ini, ibu tersebut ingin mengantarkannya ke tempat tujuan menggunakan mobilnya.

Dalam perjalanan, keempat pria ini menawarkan jam tangan Rolex seharga 70 juta. Tapi khusus untuk sang ibu, mereka menghargai 10 juta saja. Entah kenapa, ibu ini tiba-tiba menyetujui mereka. Akhirnya, ibu tersebut mampir ke suatu ATM dan ngambil uang 8 juta miliknya.

Sisanya, ibu tersebut dengan rela memberikan dompet dan perhiasannya. Namun setelah memberikan semuanya, tiba-tiba ibu ini tersadar. Lalu ia meminta semua uang dan perhiasan miliknya. Sempat bersitegang dengan keempat pria tadi sih. Tapi untung semuanya bisa dikembalikan lagi.

Kejahatan hipnotis yang laen, ada juga yang pake cara membius loh. Seperti yang dialami oleh seorang pengendara motor di kawasan Jakarta Barat. Sebut aja Yogi. Suatu malam, saat mengendarai motornya, ada beberapa lelaki yang mencegatnya untuk menawarkan minuman teh kotak.

Entah kenapa, tiba-tiba ia mau saja menerima tawaran tersebut dan meminumnya. Setelah minum, Yogi jadi tak sadarkan diri. Setelah sadar, tau-tau motornya uda raib. Untung ada seorang pengamen yang menolongnya.
Kasus kejahatan lain yang memakai hipnotis, ternyata nggak cuman penipuan aja, tapi juga pelecehan seksual. Pasangan suami istri muda yang ditipu ketiga lelaki yang ditemui di sebuah café di Jakarta. Berawal dari ketiga lelaki tersebut minta api untuk rokok mereka pada suaminya. Lalu salah seorang pria menepuk bahu mereka berdua (suami istri tadi).

Kemudian, para pelaku ngobrol dengan kedua korbannya. Mereka mengaku teman kuliahnya dulu di Amrik (padahal para korban nggak pernah kuliah di Amrik). Trus para pelaku juga ngomong soal reuni yang akan diadakan mereka. Kemudian para pelaku ngajak korban ke tempat mereka. Setelah berputar-putar, akhirnya mereka mengajak korban ke sebuah hotel.

Di kamar hotel suite room tersebut. Suami korban diajak ke ruang tamunya untuk ngobrol. Istrinya, diajak ke kamar. Entah kenapa, sang korban nurut aja ketika diajak untuk melakukan hubungan intim. Bahkan ia digilir ketiga lelaki tadi. Setelah itu, mereka meminta jam, HP dan dompet korban. Kemudian, mereka mengantar korban kembali ke café tadi.

Setelah berada di mobil, tiba-tiba mereka tersadar. Waktu itu udah jam 1 pagi. Mereka tersadar kalo udah dibawa para pelaku tadi selama 4 jam. Mereka seperti orang
linglung, hilang pikiran dan stres. kemudian, mereka mulai mengingat peristiwa tersebut sedikit demi sedikit. Sampai sekarang, para korban masih trauma dan memerlukan bantuan dari psikiater.

Kenapa Sampai Bisa Terhipnotis?

Dyan anugrah salah satu pakar Hipnotis mengatakan, kalo dalam pikiran kita ada alam sadar & alam bawah sadar. Nah, hipnotis ini memakai alam bawah sadar kita. Secara alamiah, pintu gerbang alam bawah sadar kita ini bisa terbuka dan tertutup.

Ada beberapa hal yang bisa membuka pintu gerbang alam bawah sadar kita terbuka. Misal, terlalu fokus pada sesuatu seperti terpesona dengan seseorang yang mempunyai kharisma, dan fokus terhadap suatu topik yang menarik.

Bisa juga alam bawah sadar ini tersentuh dengan sebuah cerita empati maupun kisah yang menyedihkan. Dan bisa juga terbuka dalam kondisi saat kita sedang rileks atau santai dan dalam keadaan "blank" ato panik.

Biasanya, para penjahat hipnotis ini membaca situasi yang ada pada kita, lalu mereka menggunakan teknik komunikasi persuasif. Secara ilmiah, kejahatan hipnotis pada umumnya merupakan gabungan dari Teknik Komunikasi Persuasif, dan Teknik Hipnotis.

Teknik Hipnotis yang dipergunakan berupa Teknik Direct Hypnosis ato Indirect Hypnosis yang lebih dikenal Pola Ericsonian. Teknik ini menggunakan rasa empati dan naluri dasar manusia. Nah, itu tadi secuplik kisah kejahatan hipnotis. Pengen tau cara menghindarinya? Kita akan membahas di artikel mendatang tentang ciri-ciri orang yang gampang terhipnotis. Selain digunakan untuk kesehatan dan kejahatan, hipnotis juga bisa digunakan untuk berbisnis loh. Haaah, ini juga termasuk unsur penipuan donk? Sebagian orang mengatakan, ini trik marketing, bukan penipuan. Mau tau seperti apa?


 Hipnotis Untuk Kesehatan

Masih ngeri mendengar kata “hipnotis”? Apa masih menyimpan pengertian kalo hipnotis itu selalu berkaitan dengan hal-hal gaib dan mistik? Gimana kalo hipnotis sebagai terapi kesehatan bagi pasien gangguan jiwa? Selain itu, hipnotis berguna bagi kepolisian, penyakit asma dan darah tinggi, korban traumatik & pecandu rokok. Berikut ini penjelasan Dr Hendro Riyanto, ahli jiwa Rumah sakit Menur Surabaya.

Beda Hipnotis dengan Hipnoteraphy
Kalo jaman dulu, hipnotis identik dengan sulap panggung yang melambai-lambaikan tangan, menggunakan alat bandul, dan menatap mata dengan tajam. Itu dulu! Karna hipnotis itu lekat dengan berbagai kebudayaan kuno di masa silam. Namun sekarang, seiring perkembangan jaman, hipnotis mulai berubah.

Pada abad ke 17, hipnotis mulai dipakai sebagai ilmu pengetahuan. Seperti ilmu pengetahuan yang lain, hipnotis mengawali keilmuannya dengan berbagai hipotesa. Berbagai eksperimen & penelitian membuat hipnotis menjadi sebuah hipnotis modern yang berbasis pada ilmu pengetahuan. Salah satunya adalah hipnoterapi.

Apa itu ilmu hipnoteraphy yang katanya bisa sebagai terapi untuk korban gangguan jiwa? Ini ada dasar ilmiahnya loh. Sejak tahun 1815, Abbe Jose Castodi de Faria, udah melakukan penelitian hipnotis secara ilmiah. Tahun 1955, British Medical Association (sekarang disebut BHA atau British Hypnotherapy Association) mengesahkan hypnotherapy sebagai “valid medical treatment”. Tahun 1958, American Medical Association (AMA) men-support hypnotherapy untuk keperluan medis. Setelah tahun 1950, banyak berdiri asosiasi hypnotherapy profesional di berbagai negara.

Ternyata nih, ilmu hipnotis ini udah sejak lama dipakai dalam dunia kesehatan. Namanya hipnoterapi. Ini adalah ilmu penyembuhan gangguan jiwa, dengan cara membawa penderita ke suatu keadaan trans, sehingga mereka mengeluarkan isi hatinya. Dengan metode ini, bisa membantu orang-orang yang dulunya sangat tertutup menjadi terbuka. Hipnotis bisa digunakan sebagai hipnoteraphy untuk orang yang rendah diri, traumatik, phobia, kecanduan, dan juga menangani berbagai penyakit seperti asma, alergi, darah tinggi, dsb. Selain itu, bisa digunakan sebagai anodyne awareness ato manajemen rasa sakit.

Juga sebagai stagehypnosis yang biasanya kita liat di TV, yaitu hipnotis sebagai hiburan dunia entertaintment. Bahkan, hipnotis juga difungsikan sebagai forensic hypnosis, yaitu untuk keperluan penyelidikan. Biasanya dilakukan oleh para penegak hukum. Ada juga fungsi hipnosis sebagai metaphysical hypnosis, yaitu kemampuan telepati Super normal yang tersimpan dalam diri setiap manusia.

Hipnoteraphy untuk si Traumatik & Pecandu
Menurut Dr Hendro Riyanto, Direktur Rumah sakit Jiwa Menur Surabaya, hipnoterapi biasanya digunakan dalam dunia kesehatan untuk terapi pada si gangguan Jiwa. Dalam dunia medis, ada 2 jenis gangguan jiwa. Yang pertama, Psikosa yaitu suatu gangguan jiwa yang nggak sadar tentang dirinya alias gila. Yang kedua Neurosa, yaitu gangguan jiwa yang masih dalam taraf sadar diri. Seperti stres, depresi & traumatik.

Nah, hipnoterapi ini digunakan untuk penderita Neurosa. Kebanyakan, hipnoterapi digunakan untuk si penderita traumatik psikis. Misal, penderita yang trauma karna bencana alam. Ada juga yang stres, kesurupan, para pecandu rokok & obat terlarang, dll. Tapi masalahnya, nggak semua dokter ahli jiwa mau mempelajari dan menggunakan metode tersebut. Cara kerja hipnoterapi prinsip kerjanya adalah, seorang pasien tersebut dibuat kesadarannya menurun. Sampai dia tertidur. Saat tertidur, diberi masukan lewat kata-kata, hal-hal yang positif, untuk menghilangkan hal-hal yang negatif, seperti trauma tadi.

Misal, untuk si pasien perokok berat. Dalam hipnoterapi itu, dokter akan mengatakan bahwa merokok itu nggak baik, banyak bahayanya, dll. Ketika disadarkan, dia akan merasa bahwa merokok itu nggak enak, dan dia akan merasa nggak nyaman untuk merokok lagi. Kalo untuk si penderita traumatik, akan diberikan masukan-masukan positif yang bisa menghilangkan trauma tersebut, sehingga ketika sadar, si penderita akan lupa pada trauma itu.

Kenapa bisa seperti itu? Dr Hendro mengatakan, hipnoterapi itu mempengaruhi alam bawah sadar seseorang. Yang dimaksud alam bawah sadar adalah, gelombang alfa & betha otak manusia. Jadi, ketika gelombang alfa & betha pada otak itu bisa dipengaruhi, itulah yang disebut sebagai alam bawah sadar. Tapi, urusan apakah itu mempengaruhi seseorang ato tidak, itu akan terlihat hasilnya setelah terapi.

Menurut Yan Nurindra, alam bawah sadar adalah pikiran yang berisikan data berupa pengalaman, pemahaman, penalaran kita mulai sejak lahir sampai dengan hari ini. Data yang terdapat dalam pikiran bawah sadar berasal dari pengalaman langsung (yang kita alami sendiri), atau berasal dari pengalaman induktif (berasal dari pihak lain). Namun, data yang ada di pikiran bawah sadar ini dapat berupa data yang benar atau salah. Pikiran bawah sadar nggak bisa membedakannya. Itu yang sulit dipahami.
Pikiran bawah sadar juga memiliki pengaruh besar dalam pembentukan perilaku, dan menentukan respon. Namun menurut Dr Hendro Riyanto, metode hipnoterapi diharapkan sangat mempengaruhi. Makanya, hipnoterapi yang emang dikhususkan untuk terapi bagi si pasien yang ngalamin gangguan jiwa seperti traumatik, dsb ini, nggak hanya bisa dilakukan terapi 1 kali aja. Tapi perlu beberapa kali pengulangan, tergantung berat ringan kasus yang dihadapi. Jadi, hipnoterapi ini dilakukan untuk mempengaruhi/ mengubah sikap seseorang yang nggak bisa disadarkan lewat alam sadarnya. So, dilakukanlah tindakan melalui alam bawah sadarnya.

Bahaya Metode Hipnoterapi
Dr Hendro Riyanto yang pernah mempelajari hipnoterapi ini menyarankan agar, metode hipnoterapi ato pelatihan-pelatihan hipnotis yang kini marak diadakan di Indonesia ini, harus dikontrol dengan ketat. Karna, jika metode ini dikuasai oleh orang-orang yang nggak bertanggung jawab, waaah, metode ini bisa disalahgunakan loh. Misal, akhirnya terjadilah ilmu gendam, yang bisa merampok orang lewat alam bawah sadarnya.

Nah guys, itu tadi udah diterangin manfaat hipnotis untuk kesehatan. Lha…yang bikin hipnotis itu jadi negatif, coz ada beberapa orang yang menyalahgunakannya untuk tujuan kejahatan. Dari perampokan, penipuan sampai pada kejahatan seksual. Pengen tau?

Beda Ilmu Gendam & Hipnotis

Pernah denger cerita tentang penjahat yang mengambil jarahan dengan cara menghipnotis sang korban agar menyerahkan semua barang berharganya? Apa itu yang dinamakan hipnotis ato ilmu gendam? Hipnotis sering dikaitkan dengan ilmu gendam, apakah itu benar? Apa sih maksudnya? Yuk kita pelajari.

Apa itu Hipnotis?
Menurut kamus Bahasa Indonesia, Hipnotis itu suatu tindakan yang membuat seseorang berada dalam keadaan hipnosis. Hipnosis sendiri berarti keadaan seperti tertidur karna berada dalam pengaruh orang yang memberikan sugestinya. Bisa jadi neh, orang yang disugesti tersebut jadi nggak sadar sama sekali.

Menurut keterangan yang ditulis oleh Ronny FR salah satu kontributor jaringan hipnotis.net, arti hipnotis itu berasal dari kata hypnos yang artinya tidur. Tapi hipnotis itu bukanlah tidur. Emang sih, fenomenanya mirip tidur, ya…pake alam bawah sadar gitu lah. Nah, saat kondisi seperti ini, orang tersebut mudah dipengaruhi, coz alam bawah sadar yang seharusnya jadi filter logic udah nggak lagi mengambil peranan. Seseorang yang terhipnotis itu sebetulnya ada pada kondisi sangat terkonsentrasi yang sangat fokus.

Menurut Dyan anugrah, seorang pakar hipnotis yang mendirikan Extreme Hipnotis Indonesia (EHI), suatu organisasi Hypnotist & Hypnotherapist terbesar di Indonesia ini mengatakan, Hipnotis adalah suatu gejala psikologi murni ato hal yang udah biasa dilakukan. Tanpa sadar, di kehidupan sehari-hari, kita sedang melakukan hipnotis loh. Misal, seorang manager yang bisa memotivasi karyawannya untuk bekerja lebih keras lagi. Seorang ibu yang bisa menyuruh anaknya untuk belajar lebih giat, dan seorang salesman yang bisa “merayu” pembelinya.

Sederhananya nih, ketika kita bisa “menyuruh”seseorang untuk melakukan sesuatu, ato membuat seseorang “berpikir” sesuatu, itu berarti, kita sedang melakukan tahapan hipnotis. Secara umum, hipnotis adalah suatu seni penyampaian “pesan” agar dapat diterima oleh orang lain, dan berlanjut jadi tindakan yang sesuai dengan apa yang dimaksudkan oleh si penyampai pesan tersebut.

Hipnotis adalah suatu seni komunikasi persuasif untuk menyampaikan pesan ke “pusat motivasi” orang lain, sehingga dapat “menggerakkan”orang lain ke arah tujuan yang dimaksud. Yang dimaksudkan dengan “pusat motivasi” adalah sesuatu yang terdapat dalam diri setiap manusia yang disebut dengan “Pikiran Bawah Sadar”, yang merupakan salah satu bagian pikiran yang memiliki fungsi dan cara kerja yang berbeda dengan pikiran biasa. Hipnotis melibatkan aspek verbal (lisan) dan non verbal (bahasa tubuh).

Hipnotis Formal & Informal
Hipnotis dibagi menjadi dua. Ada hipnotis formal, dan hipnotis informal. Informal hipnotis adalah hipnotis yang dialami sehari-hari. Misal, bisa membuat filter seseorang menjadi terbuka. Teknik hipnotis informal ini biasa diterapkan dalam kehidupan sehari-hari. Biasanya, dilakukan secara nggak sadar. Misal, para penjual yang mampu menggerakkan calon pembeli, yang semula nggak tertarik, jadi mempertimbangkan, dan akhirnya membeli. Bahkan hipnotis yang seperti ini, sekarang dipakai oleh para pemimpin spiritual, para politisi, hypnosis for parenting, dll.

Lain halnya dengan formal hipnotis. Aktivitas ini dilakukan dengan melambaikan tangan, mengayunkan pendulum, memandu relaksasi, itu semua merupakan bentuk dari hipnotis formal, atau directhypnosis. Kenapa banyak orang yang mengkaitkan hipnotis dengan hal-hal yang berbau supranatural ato hal gaib? Itu karna banyak orang yang hanya menyadari adanya keberadaan hipnotis formal aja. Tapi, itu nggak berarti kalo hipnotis formal selalu ada unsur gaibnya loh. Itu karna hipnotis formal ini memerlukan beberapa teknik yang nggak mungkin semua orang bisa melakukannya. Inilah yang membuat pandangan orang menjadi “miring” tentang hipnotis.

Beda Hipnotis dengan Ilmu Gendam
Banyak orang yang mengidentikkan hipnotis dengan ilmu gendam. Itu karna banyaknya pelaku kejahatan yang menggunakan cara hipnotis ditambahi dengan unsur mistik. Pada prinsipnya, mereka mengakses alam bawah sadar seseorang dengan berbagai teknik. Mudahnya seseorang dihipnotis itu tergantung dari keadaan orang pada umumnya. Kesuksesan penggunaan teknik hipnotis, itu memerlukan kerjasama antara penghinotis dan yang dihipnotis.

Sebenarnya, nggak ada yang namanya menghipnotis orang lain. Tapi, apa yang terjadi sebenarnya adalah, seseorang menghipnosis diri sendiri dengan dibantu oleh orang lain (penghipnotis) sebagai fasilitatornya. Namun ada juga hipnosis yang menggunakan kekuatan mistik. Di sini, nggak diperlukan kerjasama antara penghipnotis dengan yang dihipnotis. Pelaku menggunakan kekuatan supranaturalnya untuk mengakses alam bawah sadar orang lain. Umumnya, teknik ini dikenal sebagai ilmu gendam, cablek, dan lain-lain.

Biasanya mereka menggunakan azimat dan mantra tertentu yang diperoleh melalui ritual atau prosesi mistis tertentu. Tapi ada juga kejahatan yang menggunakan hipnotis tapi nggak pake mistik. Biasanya mereka menggunakan kekuatan kata-kata. Misal, ada orang yang terlihat bingung saat di terminal, dan keramaian. So, muncul pertanyaan, apakah ada kekuatan gaib dalam proses hipnotis?

Pernah liat seseorang menghipnotis dengan cara menepuk pundak? Banyak orang pasti berpikir bahwa orang tersebut pasti memakai unsur “gaib”, “magis”, dan pasti ada kekuatan dari “kuasa kegelapan”?! Apa itu benar? Istilah “gaib”, “mistik”, “magis”, dsb sebenernya udah sering kita dengarkan secara turun temurun, tapi kita lupa untuk memeriksa kebenarannya. Hanya karna melihat beberapa tampilan yang diluar normal, seperti seseorang yang melakukan hipnotis dengan cara meliuk-liukkan tangannya, maka dengan cepat kita dengan mudahnya mengatakan kalo hal tersebut ada unsur mistisnya.

Seperti yang sudah dijelaskan di atas bahwa, perbedaan antara hipnotis mengunakan cara mistis membubuhkan mantra tertentu dengan ilmu hipnotis yang pure, nggak bisa disamaratakan. Jika kalian pengen tau lebih lanjut mengenai hal-hal yang berkaitan dengan hipnotis pure sebagai ilmu yang bisa membantu dalam hal kesehatan, dan terapi untuk kecanduan



                                                                 ( PRAKTIK HIPNOTIS )

Manfaat Hipnosis

Melalui sejarah yang panjang, HYPNOTIC STATE (kondisi hypnosis) dipelajari oleh para ahli yang sebagian besar adalah para dokter, akhirnya diketahui bahwa kondisi ini jika dimanfaatkan dengan baik, dapat menunjang terjadinya proses2 sbb :
- Menghapus emosi2 negatif di masa lalu, seperti : trauma dan fobia
- Menghapus apa yang dinamakan "mental block" yang didapat dari masa lalu, biasanya masa kanak2, yang menghambat proses kemajuan (kesehatan dan potensi diri)
- Mengurangi dan mengendalikan emosi2 seperti : KEMARAHAN, KECEMASAN dan SULIT TIDUR
- Menyembuhkan : LATAH dan GAGAP.
- Menanamkan sugesti2 positif langsung ke pikiran bawah sadar, sehingga program positif tersebut otomatis bekerja ditujukan untuk perbaikan kesehatan, utamanya psikis, dan juga untuk pengembangan potensi diri.
- Membentuk perilaku baru yang menggantikan BAD HABITS misalnya untuk BERHENTI MEROKOK dan kecanduan minuman keras.
- Dengan hypnosis juga, sebagai ORANG TUA kita dapat mengerti dan mendorong potensi optimal anak2 kita menjadi yang TERBAIK DARI DIRINYA sekaligus mewujudkan CITA-CITA dan MASA DEPAN ANAK.
- Untuk kesehatan fisik, terbukti bahwa HYPNOSIS atau lebih tepatnya HYPNOTHERAPY dapat menunjang / membantu terjadinya perbaikan fisik, yaitu : menurunkan berat badan, untuk anestesi, mempermudah proses melahirkan (HYPNOBIRTHING), penyembuhan alergi, dll.

                                                              ( PRAKTIK HIPNOTIS LANGSUNG )

3 KOMENTAR:

abdul said...

maaf saya bisa minta alamat jelasnya pak???karena saya sangat ingin mendalami hipnosis tetapi sangat mahal adanya di surabaya...minim 1 juta loh pak!!!
klo emang bisa langsung praktik saya mau daftar....
sya ada di probolinggo
tlg bls lewat email saya ya...thanx
mohon balasannya saya tgg...

daniel said...

wah murah benar pelatihannya???dapat setifikat gk ya???tapi meski gk dapet sih gk apa yang penting bisa dan langsung di praktikkan!!!kemarin saya call katanya saya baru bisa ikut gelombang 5 ya??kok lama ya pak???

SPARE PART SUN STAR MOTOR SURABAYA said...

SUKSES MR.DIAN untuk pelatihan hipnotisnya dan hypnotherapynya.
Semoga bermanfaat buat Team spare part juga...