Wednesday, 8 October 2008

Beda hipnotis dan gendam


Beda Hipnotis dan gendam




Pernah denger cerita tentang penjahat yang mengambil jarahan dengan cara menghipnotis sang korban agar menyerahkan semua barang berharganya? Apa itu yang dinamakan hipnotis ato ilmu gendam? Hipnotis sering dikaitkan dengan ilmu gendam, apakah itu benar? Apa sih maksudnya? Yuk kita pelajari.

Apa itu Hipnotis?
Menurut kamus Bahasa Indonesia, Hipnotis itu suatu tindakan yang membuat seseorang berada dalam keadaan hypnosis. Hypnosis sendiri berarti keadaan seperti tertidur karna berada dalam pengaruh orang yang memberikan sugestinya. Bisa jadi neh, orang yang disugesti tersebut jadi nggak sadar sama sekali.

Menurut keterangan yang ditulis oleh Ronny FR salah satu kontributor jaringan hipnotis.net, arti hipnotis itu berasal dari kata hypnos yang artinya tidur. Tapi hipnotis itu bukanlah tidur. Emang sih, fenomenanya mirip tidur, ya…pake alam bawah sadar gitu lah. Nah, saat kondisi seperti ini, orang tersebut mudah dipengaruhi, coz alam bawah sadar yang seharusnya jadi filter logic udah nggak lagi mengambil peranan. Seseorang yang terhipnotis itu sebetulnya ada pada kondisi sangat terkonsentrasi yang sangat fokus.

Menurut Yan Nurindra, seorang pakar hipnotis yang mendirikan The Indonesian Board of Hypnotherapy (IBH), suatu organisasi Hypnotist & Hypnotherapist pertama dan terbesar di Indonesia ini mengatakan, Hipnotis adalah suatu gejala psikologi murni ato hal yang udah biasa dilakukan. Tanpa sadar, di kehidupan sehari-hari, kita sedang melakukan hipnotis loh. Misal, seorang manager yang bisa memotivasi karyawannya untuk bekerja lebih keras lagi. Seorang ibu yang bisa menyuruh anaknya untuk belajar lebih giat, dan seorang salesman yang bisa “merayu” pembelinya.







Sederhananya nih, ketika kita bisa “menyuruh”seseorang untuk melakukan sesuatu, ato membuat seseorang “berpikir” sesuatu, itu berarti, kita sedang melakukan tahapan hipnotis. Secara umum, hipnotis adalah suatu seni penyampaian “pesan” agar dapat diterima oleh orang lain, dan berlanjut jadi tindakan yang sesuai dengan apa yang dimaksudkan oleh si penyampai pesan tersebut.

Hipnotis adalah suatu seni komunikasi persuasif untuk menyampaikan pesan ke “pusat motivasi” orang lain, sehingga dapat “menggerakkan”orang lain ke arah tujuan yang dimaksud. Yang dimaksudkan dengan “pusat motivasi” adalah sesuatu yang terdapat dalam diri setiap manusia yang disebut dengan “Pikiran Bawah Sadar”, yang merupakan salah satu bagian pikiran yang memiliki fungsi dan cara kerja yang berbeda dengan pikiran biasa. Hipnotis melibatkan aspek verbal (lisan) dan non verbal (bahasa tubuh).


Hipnotis Formal & Informal
Hipnotis dibagi menjadi dua. Ada hipnotis formal, dan hipnotis informal. Informal hipnotis adalah hipnotis yang dialami sehari-hari. Misal, bisa membuat filter seseorang menjadi terbuka. Teknik hipnotis informal ini biasa diterapkan dalam kehidupan sehari-hari. Biasanya, dilakukan secara nggak sadar. Misal, para penjual yang mampu menggerakkan calon pembeli, yang semula nggak tertarik, jadi mempertimbangkan, dan akhirnya membeli. Bahkan hipnotis yang seperti ini, sekarang dipakai oleh para pemimpin spiritual, para politisi, hypnosis for parenting, dll.

Lain halnya dengan formal hipnotis. Aktivitas ini dilakukan dengan melambaikan tangan, mengayunkan pendulum, memandu relaksasi, itu semua merupakan bentuk dari hipnotis formal, atau directhypnosis. Kenapa banyak orang yang mengkaitkan hipnotis dengan hal-hal yang berbau supranatural ato hal gaib? Itu karna banyak orang yang hanya menyadari adanya keberadaan hipnotis formal aja. Tapi, itu nggak berarti kalo hipnotis formal selalu ada unsur gaibnya loh. Itu karna hipnotis formal ini memerlukan beberapa teknik yang nggak mungkin semua orang bisa melakukannya. Inilah yang membuat pandangan orang menjadi “miring” tentang hipnotis.

Beda Hipnotis dengan Ilmu Gendam
Banyak orang yang mengidentikkan hipnotis dengan ilmu gendam. Itu karna banyaknya pelaku kejahatan yang menggunakan cara hipnotis ditambahi dengan unsur mistik. Pada prinsipnya, mereka mengakses alam bawah sadar seseorang dengan berbagai teknik. Mudahnya seseorang dihipnotis itu tergantung dari keadaan orang pada umumnya. Kesuksesan penggunaan teknik hipnotis, itu memerlukan kerjasama antara penghinotis dan yang dihipnotis.




Sebenarnya, nggak ada yang namanya menghipnotis orang lain. Tapi, apa yang terjadi sebenarnya adalah, seseorang menghipnosis diri sendiri dengan dibantu oleh orang lain (penghipnotis) sebagai fasilitatornya. Namun ada juga hipnosis yang menggunakan kekuatan mistik. Di sini, nggak diperlukan kerjasama antara penghipnotis dengan yang dihipnotis. Pelaku menggunakan kekuatan supranaturalnya untuk mengakses alam bawah sadar orang lain. Umumnya, teknik ini dikenal sebagai ilmu gendam, cablek, dan lain-lain.

Biasanya mereka menggunakan azimat dan mantra tertentu yang diperoleh melalui ritual atau prosesi mistis tertentu. Tapi ada juga kejahatan yang menggunakan hipnotis tapi nggak pake mistik. Biasanya mereka menggunakan kekuatan kata-kata. Misal, ada orang yang terlihat bingung saat di terminal, dan keramaian. So, muncul pertanyaan, apakah ada kekuatan gaib dalam proses hipnotis?

Pernah liat seseorang menghipnotis dengan cara menepuk pundak? Banyak orang pasti berpikir bahwa orang tersebut pasti memakai unsur “gaib”, “magis”, dan pasti ada kekuatan dari “kuasa kegelapan”?! Apa itu benar? Istilah “gaib”, “mistik”, “magis”, dsb sebenernya udah sering kita dengarkan secara turun temurun, tapi kita lupa untuk memeriksa kebenarannya. Hanya karna melihat beberapa tampilan yang diluar normal, seperti seseorang yang melakukan hipnotis dengan cara meliuk-liukkan tangannya, maka dengan cepat kita dengan mudahnya mengatakan kalo hal tersebut ada unsur mistisnya.

Seperti yang sudah dijelaskan di atas bahwa, perbedaan antara hipnotis mengunakan cara mistis membubuhkan mantra tertentu dengan ilmu hipnotis yang pure, nggak bisa disamaratakan. Jika kalian pengen tau lebih lanjut mengenai hal-hal yang berkaitan dengan hipnotis pure sebagai ilmu yang bisa membantu dalam hal kesehatan, dan terapi untuk kecanduan.

3 KOMENTAR:

Rudy H said...

sukses dan luar biasa buat rekan-rekan extreme hipnotis surabaya!!!
stage & street hypnosis yg sangat extreme....

Anonymous said...

bojok an tok .... cuman diberi sugesti tok apanya yang hipnotis ???????.......

Arba said...

kliatanya yg komentar diatas tuh belum tau mengenai hipnotis...
emang bedanya apa sugesti ama hipnotis???
keliatan kalo bodohnya tuuhh...haa,,,haaa... turut prihatin dengan pengomentar diatas sy !!! kasihan... belajar aja disini biar paham seperti sy dan alumni lainnya biar tidak kliatan bodohnya...